Peran tenaga kesehatan di era revolusi industri 4.0

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

Peran tenaga kesehatan di era revolusi industri 4.0

Peran tenaga kesehatan di era revolusi industri 4.0

 oleh : Sonia Handayani

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Ngundi Waluyo

Pemenang Sayembara Artikel Kesehatan Masyarakat

 

Revolusi industri 4.0 ?

Sudah tidak asing memang, sekarang sedang gencar gencarnya pihak pihak yang terkait memperkenalkan era tersebut agar publik mampu meningkatkan kualitas hidup yang menunjang atau berperan dalam perkembangan industri di indonesia.

Revolusi industri merupakan tantangan besar bagi bangsa indonesia dalam mengembangkan teknologi yang akan dipergunakan untuk masyarakat indonesia. Revolusi industri 4.0 mencakup digital economy, artificial intelegent, big data.

 

Tantangan Revolusi industri 4.0?

Bagaimana pihak pemerintah dan juga masyarakat  menghadapi era baru ini ? semua sektor kehidupan lebih tergantung pada kecanggihan teknologi mulai dari ranah bisnis, komunikasi, pelayanan dan lain sebagainya dari hal tersebut terdapat peluang bagi kita semua dalam mengembangkan bidang yang kita geluti.  Dengan begitu, revolusi 4.0 akan memengaruhi berbagai elemen elemen yang ada dalam kehidupan antara lain

  1. Masyarakat
  2. Strategi
  3. Teknologi
  4. Tenaga Ahli

Dalam perkembangannya, semua orang pasti membutuhkan berbagai macam teknologi yang sudah disuguhkan, hal tersebut juga merupakan bagi tenaga ahli yang sudah disebutkan tersebut tidak pengecualian terhadap tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugasnya, tidak hanya dalam membutuhkan saja, tenaga kesehatan juga berperan penting terhadap negara saat perubahan era menuju revolusi industri 4.0.

 

Apa peran tenaga kesehatan?

Teknologi yang semakin canggih harus sangat di perhatikan oleh tenaga kesehatan baik dari segi manfaat ataupun dampak yang akan terjadi kepada seluruh penggunanya. Hal tersebut mutlak, jika ada sesuatu yang baru kemungkinan terbesar adalah terjadinya suatu yang menguntungkan atau merugikan. Hubungannya dengan tenaga medis Teknologi kesehatan juga meliputi intervensi untuk mempromosikan kesehatan mencegah, mendiagnosis atau mengobati penyakit dan rehabilitasi.

Revolusi industri 4.0 memberikan keuntungan dan juga tantangan bagi tenaga medis, contohnya

 

  1. Tenaga medis diharapkan dapat memberi pelayanan terhadap publik secara online atau digital tentunya juga harus didukung dengan setiap sudut masyarakat mengenal teknologi. Diharapkan dengan membuat riwayat medis dan perawatan pasien tersedia, bahkan mereka yang memiliki beberapa penyakit kronis dapat dipantau dari jarak jauh sehingga tindakan yang tepat waktu dapat diambil untuk menjaga kesehatan mereka, jika diperlukan. Tujuannya adalah memberikan inovasi menawarkan nilai kepada orang – dalam bentuk layanan yang lebih baik, lebih murah dan lebih cepat. Misalnya, tentang interoperabilitas antara sistem administrasi kesehatan (penghubung klinik, pusat spesialis, rumah sakit, laboratorium dan apotek), pasien mungkin bertanya apakah pengembangan solusi teknologi tinggi akan menaikkan biaya sebagai contoh perkembangan teknologi di bidang kesehatan Untuk memperluas sistem perawatan kesehatan , berbagai inovasi harus dilakukan. dikerahkan untuk mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja, seperti robot di bangsal rumah sakit untuk membantu perawat. Telemedicine menawarkan kenyamanan, dan kecerdasan buatan dapat mengarah ke solusi hemat biaya.

.

  1. Tantangannya, bagaimana teknologi tersebut menyebar ke masyarakat luas bilamana masyarakat salah satu elemen yang terpengaruh dalam perubaghan era revolusi 4.0

Kita lihat dari contoh, Ada beberapa hal tentang teknologi yang mungkin belum dipergunakan oleh masyarakat luas tetapi hal tersebut penting juga dalam pelaksanaannya. Contoh : telepon emergency untuk kecelakaan , pertanyaanya

apakah hal tersebut sudah diberlakukan di semua tempat diseluruh indonesia ?

Jika sudah, apakah hal tersebut diketahui oleh masyarakat luas?

Masalah itu merupakan sedikit masalah penting yang sering dilupakan dan tidak disadari oleh masyarakat bahkan tenaga yang terkait. Pada saat revolusi industri semua sudah menggunakan teknologi digital, jika hal tersebut belum di terapkan secara menyeluruh, maka revolusi industri 4.0 juga masih belum terlaksana dengan baik.Sehingga diperlukan peningkatan kualitas mutu dalam penerapan teknologi. Seperti contoh, hal tersebut sagat penting karena hal tersrbut juga berpengaruh dalam hal waktu dalam menyelamatkan korban

Peran tenaga medis juga terpengaruh pada dampak pola hidup masyarakat di era 4.0

Ada beberapa faktor dari penggunaan teknologi sehingga dampaknya akan membutuhkan peran teknologi kesehatan dan tenaga kesehatan. Berikut beberapa contoh yang ada di indonesia tentang pemanfaatan teknologi yang tentunya dalam hal tersebut akan melibatkan peran tenaga kesehatan :

  1. Indonesia penguna teknologi cukup lama

Warganet indonesia termasuk dalam kategori yang cukup tinggi, indonesia menduduki peringkat ke enam di dunia, populasinya mencapai 83,7 jiwa pada tahun 2014, pada tahun 2017 diperkirakan mencapai 112 juta jiwa sehingga, penggunaan alat yang berhubungan dengan hal tersebut banyak sekali keuntungan tetapi juga adanya kerugian bagi masyarakat dalam hal tersebut membutuhkan tenaga kesehatan.

Keuntungannya

  1. Tenaga medis akan lebih dapat mengekspos ilmunya, yang diharapkan masyarakat awam akan lebih cepat tahu tentang dunia kesehatan, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih diharapkan tenaga medis memerlukan peran serta ahli teknologi sehingga ide ide yang muncul dari tenaga medis dari permasalahan permasalahan tentang yang ada di masyarakat dapat di realisasikan dari teknologi. Seperti halnya aplikasi aplikasi yang berkonten edukasi kesehatan, pemberitahuan obat, registrasi rumah sakit, dan lain sebagainya. Hal tersebut sudah banyak tetapi dalam praktiknya belum banyak terlaksana.

Apa yang merugikan ?

.Akan ada masalah baru tentang berbagai penyakit karena timbulnya sehingga akan lebih membutuhkan peran dari tenaga kesehatan, dampak terlalu banyak penggunaan alat teknologi masa kini seperti handphone dan sejenisnya seperti:

  1. Efek radiasi yang menimbulkan berbagai penyakit bahkan penyakit penyakit baru. Efek radiasi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit mulai dari tergangunya fungsi mata seperti kerusakan retina katarak , merusak jaringan tubuh, tumor hingga kanker
  2. Efek ketergantungan, dalam hal ini berbagai macam penyakit juga akan datang karena hal tersebut contohnya saja anak anak, mereka yang tidak dapat mengatur waktu tentang ketergantungan akan teknologi akan berdampak buruk fisik dan psikisnya.
  3. Perspektif masyarakat kadang salah, hal yang begitu bebas dengan teknologi membuat masyarakat mudah mendapatkan informasi tentang kesehatan sendiri, sehingga masyarakat lebih mendiagnosisatau mengambil keputusan sendiri entah hal tersebut benar atau tidak/
  4. Publikasi tidak tepat juga merupakan tantangan bagi kita bagaimana tenaga kesehatan dapat mengatasi hal tersebut, sehingga tidak akan terjadi perpektif yang salah oleh masyarakat.

 

Akan ada lebih banyak hal hal baru , teknologi baru , tantangan baru, akan ada lebih banyak masalah yang akan timbul di era 4.0 maka persiapkan peran dari tenaga kesehatan mulai saat ini. Karena, secanggih  apapun teknologi yang mengendalikan adalah manusia dan juga  setiap masalah yang berbea beda akan lebih membutuhkan peran manusia yang berbeda pula termasuk pera tenaga kesehatan dalam menghadapinya.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *