WORLD HEALTH DAY

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

WORLD HEALTH DAY

[WORLD HEALTH DAY]

Setiap 7 April selalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day. Perayaan ini telah dilakukan sejak tahun 1950 sekaligus merayakan hari ulang tahun World Health Organization atau yang sering kita kenal dengan WHO.

Tahun 2019, WHO mengusung tema Universal Health Coverage dengan tagline Health for all – everyone, everywhere.

Universal Health Coverage merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. Cakupan universal mengandung dua elemen inti yakni akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga, dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan. (Kemenkes, 2015)

Universal Health Coverage berarti semua orang dapat mengakses pelayanan kesehatan berkualitas kapanpun dan dimanapun tanpa kesulitan finansial. Hal ini dapat dimulai dengan penguatan pelahyanan kesehatan primer. Pelayanan kesehatan primer merupakan pendekatan kepada seluruh masyarakat untuk kesehatan dan kesejahteraan yang berpusat pada kebutuhan dan ditujukan untuk individu, keluarga, dan masyarakat. (WHO, 2019)

Tujuan WHO dalam World Health Day 2019 yaitu untuk meningkatkan pemahaman tentang Universal Health Coverage dan pentingnya pelayanan kesehatan primer serta untuk memacu aksi dari individu, pembuat kebijakan, dan tenaga kesehatan guna merealisasikan Universal Health Coverage untuk semua orang.

#ISMKMI

#ISMKMISUPERIOR

#SatukanLangkahCapaiPerubahan

________

IKATAN SENAT MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *