WORLD HEMOPHILIA DAY

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia

WORLD HEMOPHILIA DAY

[WORLD HEMOPHILIA DAY]

Hari Hemofilia Sedunia diperingati setiap tanggal 17 April yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun pendiri dari lembaga The World Federation of Hemophilia yakni Frank Schnabel. Hemofilia merupakan penyakit dengan gangguan pembekuan darah akibat kekurangan faktor pembekuan darah. Penyakit merupakan penyakit genetic, apabila wanita penderita hemofilia melahirkan anak, maka anaknya akan beresiko terkena hemofilia.

Tujuan diperingatinya Hari Hemofilia Sedunia ini untuk meningkatkan kesadaran dari masyarakat tentang hemofilia serta membant dan mengedukasi penderita agar hidup lebih sehat dan lebih produktif.  Tagline tahun ini yaitu “Reaching Out: The First Step to Care.” ujuan memperingati hari hemofilia

Hemofilia sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Hemofilia A dan B. Hemofilia A karena kekurangan faktor VIII protein dalam darah sedangkan Hemofilia B karena kekurangan faktor IX protein dalam darah.

Pertolongan pertama saat penderita Hemofilia mengalami perdarahan, yaitu dengan RICE, Rest mengistirahatkan sendi yang berdarah, Ice, dikompres es dengan cara Compression, yaitu ditekan, dan Elevation, meninggikan posisi bagian yang mengalami perdarahan sehingga berada diatas jantung.

Referensi: The World Federation of Hemophilia, Pusdatin Kemenkes, Indonesiabaik.id

#ISMKMI

#ISMKMISUPERIOR

#SatukanLangkahCapaiPerubahan

________

IKATAN SENAT MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *